Sekolah Jarak Jauh Dengan HT, Hemat Tanpa Harus Beli Kuota

0
227
Sekolah Jarak Jauh Dengan HT, Hemat Tanpa Harus Beli Kuota

Sekolah Jarak Jauh Dengan HT, Hemat Tanpa Harus Beli Kuota – Ditengah pandemi Corona Covid-19 ini, cukup banyak perubahan yang dialami. Salah satu perubahan yang terjadi adalah belajar mengajar antara murid dengan guru yang harus tetap sekolah dengan sistem kelas online, baik itu memakai Zoom, Discord, grup WhatsApp ataupun media lainnya.

Namun proses tersebut perlu menggunakan smartphone ataupun laptop. Smartphone saat ini harganya masih bisa terbilang cukup mahal untuk masyarakat yang tidak mampu. Terlebih lagi keadaan sinyal yang tidak terlalu stabil untuk wilayah yang terpelosok.

Namun untuk sekolah jarak jauh seperti ini, terdapat solusi yang dapat digunakan yaitu dengan Handy Talkie (HT), lebih hemat karena cuman butuh membelinya saat di awal saja.

Baru baru ini viral video anak sekolah yang melakukan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan HT. Video ini diunggah oleh akun twitter @kondekturbus_ yang memperlihatkan video siswa yang ikuti sekolah jarak jauh dengan HT.

Memang pada jaman sekarang ini metode kelas online tengah dilaksanakan karena pandemi. Tapi karena smartphone yang mahal dan kuota internet yang harus di isi secara berkala, membuat HT lebih murah karena cukup beli di awal saja. Belum lagi bila pakai smartphone membutuhkan jaringan internet yang stabil, dimana jaringan ini belum tentu dijangkau ke beberapa daerah.

Pembelajaran dengan HT ini diterapkan oleh SD Punik di Desa Punik Kecamatan Batudulang yang menggunakan perangkat radio komunikasi dengan frekuensi RAPI 14.320.0, mendengarkan, menyimak dan diskusi berjalan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here