Surat Dalam Botol Berusia 132 Tahun Ini Ditemukan Mengambang Di Pantai Barat Australia

    0
    151

    Surat Dalam Botol Berusia 132 Tahun Ini Ditemukan Mengambang Di Pantai Barat Australia – Rekor Guinness kembali dipecahkan. Kali ini Keluarga Perth di Australia, berhasil menemukan botol yang berisi sebuah pesan yang berusia hampir 132 tahun mengambang pantai barat Australia Selasa (6/3/2018).

    Sebelumnya, rekor pesan dalam botol ditemukan di Jerman pada 2015. Usianya sekitar 108 tahun, empat bulan dan 19 hari. Botol itu dilempar ke Laut Utara sebagai bagian dari proyek penelitian Inggris.

    Botol misterius di Australia ditemukan dalam keadaan setengah terkubur di pasir oleh Tonya Illman di utara Pulau Wed yang terletak di utara Perth. Waktu itu Illman tengah bersantai di pantai tersebut.

    “Saya dan teman saya Grace Ricciardo tengah berjalan melewati gumuk-gumuk pasir. Tiba-tiba saya melihat sesuatu yang menyembul di pasir dan saya mendekat untuk melihatnya,” terang Illman, dikutip dari fox.com, Kamis (8/3/20`8).

    “Lalu saya mengambilnya dan membawanya ke rumah,” imbuhnya dalam keterangan yang diberikan oleh Western Australian Museum.

    Ketika di rumah Illman mencoba membersihkan dan melihat pesan yang tertulis dalam bahasa Jerman. Suami Illman ikut meneliti botol tersebut dan diketahui surat itu tertanggal 12 Juni 1886. Botol itu bagian dari eksperimen tentang oseanografi Jerman.

    Botol tersebut disebutkan dibuang oleh Paula, kapal layar Jerman, sebagai bagian dari eksperimen menghanyutkan botol untuk mempelajari lautan dan menemukan rute perdagangan efektif.

    Saat ini botol tersebut dipinjamkan oleh Illman kepada Western Australian Museum untuk dipamerkan sampai dua tahun ke depan.

    sumber : sulselsatu.com

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here