Karya Seniman Indonesia Plagiat dari Karya Fotografer Kanada!

    0
    163

    Karya Seniman Indonesia Plagiat dari Karya Fotografer Kanada! – Seniman Indonesia, Miranti Minggar yang sedang ramai diperbincangkan publik. Sayangnya ia viral bukan karena prestasinya, tapi setelah Lilian Liu, Seniman fotografi asal Kanada yang mengunggah postingan facebook yang menyatakan bahwa karya lukisan Miranti Minggar yang dipamerkan ternyata hasil plagiat salah satu foto buatannya.

    <@ikl

    Hal tersebut sampai ditelinga Miranti Minggar. Ia pun langsung meminta maaf melalui postingan instagramnya dan sekaligus mengakui bahwa karyanya memang mirip dan akan menurunkan karyanya itu dari pameran serta tidak menjadikannya objek komersil.

    Diketahui bahwa Miranti Minggar ini mengakui bahwa karyanya merupakan hasil dari memaknai ulang karya foto Lilian Liu. Sebagai seniman baru, Miranti Minggar meminta maaf atas perbuatannya tersebut.

    Dalam postingan instagram @mirantiminggar, ia sebagai seniman baru mengakui bahwa dirinya memaknai ulang karya foto Lilian Liu dan meminta maaf dengan pihak yang merasa dirugikan. Ia menyatakan bahwa para pihak sponsor dan galeri tidak mengetahui mengenai masalah plagiat tersebut. Ia mengakui bahwa ini adalah murni kesalahannya. Walau mengaku sebagai seniman baru, tapi ternyata Miranti Minggar telah melakukan pameran sejak tahun 2004.

    Lilian Liu mengatakan bahwa seharusnya sesama seniman ini bisa saling menghargai karya termasuk urusan hak cipta. Tindakan Miranti Minggar ini dianggap tidak etis. Permintaan maaf Miranti Minggar di tanggapi oleh Lilian Liu. Dibalik fotografinya, ada kerja keras dari dirinya dan orang lain yang mendukungnya. Ia merasa sakit hati bila karyanya itu di plagiat oleh seniman yang sudah berpengalaman tapi ingin tampil sebagai seniman baru yang naif.

    Tapi ternyata, Miranti Minggar juga pernah melakukan plagiat, ia juga memaknai ulang karya seniman lain tapi hal itu tidak terekspos. Beberapa foto karya Miranti Minggar ini beberapa telah terhapus dari instagramnya. Ternyata karya karya tersebut juga teridentifikasi plagiat dari karya seniman luar negeri.

    Selama ini tidak pernah terekspos di media dan seniman asli juga tidak mengetahui hal tersebut. Tapi ada beberapa orang yang menggabung karya Miranti Minggar dengan karya seniman lain, hasilnya mirip!

    Sebelum karya Miranti Minggar heboh, obyek wisata Rabbit Town juga ramai diperbincangkan karena dianggap plagiat konsep obyek wisata di Los Angeles. Memang tempatnya bagus dan indah, tapi bila hasil menyontek, rasanya pasti aneh.

    Anda harus ingat, Karya seni itu sebuah intelectual property karena ide dan kreativitas seseorang itu mahal loh. Seniman juga harus tau bedanya inspirasi dengan meniru. Tidak mudah menghasilkan sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Butuh kerja keras, kreativitas, ide yang original. Boleh terinspirasi, tapi bukan berarti anda bisa menyontek dan meniru sama persis dengan yang original.

    <@ads

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here