Ini Dia Asal Mula Gambar Ayam Jago pada Mangkuk

    0
    172

    Ini Dia Asal Mula Gambar Ayam Jago pada Mangkuk -Siapa sih yang tidak tau mangkuk dengan gambar ayam jago ini. Biasanya ini ditemukan pada santapan berkuah seperti bakso, mie ayam, bubur dan lainnya. Mangkuk ini tidak hanya dikenal sebagai perangkat makan , tapi juga sebagai properti di film Hong Kong karya Stephen Chow pada tahun 1990-an di negeri China.

    <@ikl

    Mangkuk ini juga dipakai sebagai seerahan pada acara pernikahan. Penduduk China bagian Utara menyebutnya sebagai Jigongwan. Sementara para penduduk China bagian selatan memanggilnya Jijiaowan.

    Semua ini berawal dari zaman Dinasti Ming pada periode pemerintahan Kaisar Chenghua (1465-1487). Ketika itu, sang kaisar memesan empat buah mangkuk ke daerah Jingdezhen. Sang kaisar meminta pengrajin mangkuk untuk memberi gambar ayam jago dan ayam betina di mangkuk pesanannya. Mangkuk itu dikenal dengan sebutan Jigangbei.

    Mangkuk itu diberi sebutan Ji yang berarti ayam, bunyi nya juga mirip kata Jia yang berarti rumah. Gambar tanaman pada mangkuk ini juga melambangkan kekayaan. Sementara pohon pisang di mangkuk itu bermakna keberuntungan keluarga.

    Mangkuk ini disukai oleh kaisar kaisar lain seperti Kaisar Wanli dan Kaisar Kangxi dari Dinasti Qing. Pada masa Dinasti Qing, mangkuk ini mulai dibuat masal, semua orang dapat menggunakan mangkuk motif ayam jago ini.

    Hingga akhirnya pada awal abad ke-20, masyarakat Tiongkok banyak yang merantau ke negara Asia Tenggara. Ketika merantau, mereka juga membawa beberapa hal salah satunya mangkuk ayam jago. Sejak itu lah mangkuk ayam jago ini terkenal dan banyak di kenal oleh orang.

    <@ads

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here