Adobe Sedang Mengembangkan AI Yang Bisa Mendeteksi Editan Photoshop

    0
    153

    Melihat semakin banyaknya hoax yang beredar karena canggihnya teknologi rekayasa foto dan video, Adobe mengembangkan AI canggih yang bisa mendeteksi editan photoshop pada foto.

    Saat ini, teknologi AI tersebut masih dalam tahap pengembangan. Adobe sendiri bekerjasama dengan para ilmuwan dari UC Berkeley.

    Teknologi ini tengah dirancang untuk mendeteksi alat Liquify dari Photoshop yang biasanya digunakan untuk menyesuaikan bentuk dan ekspresi wajah.

    Fitur ini dapat digunakan dengan rumit dan membuatnya menjadi contoh kasus yang menarik untuk pendeteksian pengubahan pada wajah, baik itu perubahan drastis ataupun kecil.

    <@ads

    Teknologi AI ini bekerja dengan membandingkan dua gambar yang menampilkan foto sebelum dan sesudah di Liquify. Teknologi AI tersebut berhasil mendeteksi editan photoshop dengan tingkat keberhasilan mencapai 99%.

    Fyi, manusia hanya mampu mendeteksi editan photoshop hanya sebesar 53% saja. Di masa mendatang, para ilmuwan juga berencana untuk mengembangkan teknologi tersebut sehingga dapat mendeteksi perubahan lain yang lebih rumit.

    Salah satunya seperti manipulasi tubuh dan editan photometric seperti penghalusan kulit. Nah, gimana nih pendapat kalian dengan teknologi AI buatan Adobe tersebut?

    Tag  temanmu yang doyan edit foto pakai photoshop

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here