Xiaomi Akhirnya Memperkenalkan App Drawer Pada Antarmuka MIUI

    0
    133

    Xiaomi Akhirnya Memperkenalkan App Drawer Pada Antarmuka MIUI – Seperti yang diketahui Xiaomi pada awalnya tidak pernah membekali app drawer atau tombol untuk menampilkan daftar aplikasi yang terinstal pada perangkatnya. Alhasil banyak mi fans yang mengunduh app drawer dari pihak ketiga.

    <@ads

    Tapi beberapa hari ini muncul kabar bahwa Xiaomi siap merilis app drawer bikinan sendiri dan akan langsung terinstall dalam MIUI. App drawer ini akan disematkan dalam MIUI versi 4.10.6.1025-06141703 yang masih dalam tahap pengembangan awal.

    Dari screenshot yang beredar, Xiaomi masih menggunakan cara konvensional yaitu ada tombol di tengah layar untuk membuka app drawer tersebut. Berbeda untuk zaman sekarang yang kini membuka app drawer cukup perlu gesture swipe up ke atas. Setelah di buka pp drawer tersebut, maka akan muncul deretan aplikasi berdasarkan abjad.

    Daftar aplikasi tersebut terbagi menjadi 2 bagian. Sisi atas untuk aplikasi yang sering digunakan (recent apps) dan bagian bawah semua aplikasi berdasarkan abjad yang terpasang di ponsel.

    App drawer ini bisa ditutup dengan menekan tombol panah bawah yang ada di atas atau dengan menekan tombol kembali. Sayangnya app drawer ini masih belum bisa di tutup dengan swipe down (mengusap layar ke bawah).

    Selain app drawer, ada juga shortcut untuk membuka aplikasi. Jadi aplikasi cukup di tekan agak lama, maka akan muncul beberapa fitur dari aplikasi tersebut jadi bisa langsung digunakan. Fitur ini sebenarnya bukan lah hal yang baru. Sudah ada sejak Android 7 Noughat. Tapi karena masih dalam pengembangan awal, maka skema app drawer milik Xiaomi ini masih berpotensi untuk di rombak.

    Para pengguna memang bisa menggunakan app drawer dari pihak ketiga, tapi konsekuensinya app drawer tersebut pastinya tidak akan berjalan stabil dan akan mempengaruhi pengalaman pengguna. Sayangnya hingga saat ini belum diketahui kapan app drawer ini akan resmi diluncurkan.

    <@ads

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here