Kecelakaan Pesawat Tragis di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia!

    0
    166

    Kecelakaan Pesawat Tragis di Dunia, Salah Satunya Dari Indonesia! – Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 610 baru saja mengalami kecelakaan pada Senin (29/10). Pesawat yang membawa 188 penumpang dipastikan jatuh di perairan Tanjung Karawang setelah 13 menit mengudara.

    <@ads

    Badan Sar Nasional, Komite Nasional Penyelamatan Transportasi, Kementrian Perhubungan beserta dengan Polri dan TNI masih berada di lokasi kecelakaan untuk penyisiran dan juga evakuasi puing puing pesawat dan korban korban dari kecelakaan tersebut.

    Berbicara mengenai kecelakaan pesawat, di Indonesia memang kerap terjadi, begitu juga dengan luar negeri. Bahkan ada yang kecelakaan penerbangan tersebut sangat tragis karena banyaknya korban jiwa dan sorotan dunia karena proses evakuasi yang sulit.

    Berikut ini kecelakaan pesawat penerbangan  yang tragis sepanjang sejarah.

    Air Asia QZ8501

    Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 merupakan jenis AirBus A320 yang hilang kontak di sekitar Selat Karimata, Perairan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah pada 28 Desember 2013. Puing puing pesawat yang membawa 155 penumpang dan 7 kru ditemukan dua hari kemudian yang tersebar di laut jawa.

    Sebelum terjatuh, berdasarkan keterangan KNKT, pesawat ini mengalami 4 kali gangguan ketika hendak menuju Singapura dari Surabaya. Flight Data Recorder mengungkap adanya miskomunikasi antar pilot Iriyanto dan Kopilot Remi Plesel. Irianto ingin mendatakan pesawat sedangkan Remi menaikkan kemudi pesawat ke atas setelah terjadi permasalahan di komputer kendali pesawat.

    American Airlines 191

    Kecelakaan penerbangan Amerika ini terjadi pada tahun 1979 yang membawa 273 penumpang termasuk juga dengan 13 awak pesawat. Penyebab dari kecelakaan ini karena lepasnya mesin bagian kiri sayap. Kecelakaan ini sangat singkat. Setelah pesawat take off, mesin bagian kiri lepas dan menyebabkan pesawat tidak seimbang. Body pesawat pun langsung terombang ambing membuat pesawat langsung jatuh ke landasan. Semua penumpang tidak selamat dalam kecelakaan ini.

    Malaysia Airlines MH370

    Pada Maret 2014, bencana penerbangan yang paling tragis terjadi pada Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang secara misterius. Pesawat dengan tujuan Bandara Internasional Kuala Lumpur menuju China menghilang misterius setelah 94 menit lepas landas. Pencarian telah dilakukan tapi hasilnya nihil.

    MH370 membawa 227 penumpang dari 15 negara dan 12 awak kabin. Kecelakaan pesawat ini misterius hingga melibatkan 26 negara dalam pencariannya. Pada 20 Maret, serangkaian foto satelit memperlihatkan kemungkinan serpihan dari MH370 di Samudera Hindia Selatan, sebelah barat daya Australia yang membuat aktivitas pencarian difokuskan di wilayah tersebut.

    Keberadannya masih belum di ketahui, pada 24 Maret pejabat Malaysia Airlines dan pemerintah Malaysia percaya bahwa pesawat ini jatuh di sekitar Samudra Hindia Selatan tanpa korban selamat.

    Japan Airlines 123

    Japan Airlines tujuan Tokyo-Osaka dengan nomor penerbangan 123 jatuh di Gunung Takamagahara di Prefektur Gunma, Jepang 100km dari Tokyo pada 12 Agustus 1985. Peristiwa ini menjadi peristiwa kecelakaan pesawat terbang terbesar dalam sejarah karena menewaskan 520 penumpang. Kecelakaan tersebut dikarenakan pilot yang kehilangan kendali pesawat karena adanya kesalahan teknis. Namun ajaibnya, 4 penumpang selamat dari kecelakaan tersebut.

    <@ads

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here