Inilah Program Pemerintah Belanda ‘Pelacur Mandiri’ Bagi PSK Agar Bisa Bekerja dengan Nyaman

0
236

Di beberapa negara, profesi Pekerja Seks Komersial (PSK) diperbolehkan dan dilegalkan tak ubahnya seperti pekerjaan lainnya yang dilindungi oleh pemerintah. Yang lebih aneh lagi, pemerintah bukan hanya melegalkan profesi PSK melainkan juga memberikan fasilitas agar supaya para PSK dapat bekerja dengan nyaman.

red light districtSalah satu contohnya adalah para PSK di kota Amsterdam mendapatkan perlakuan yang unik di mana pemerintah kota Amsterdam menyediakan rumah bordil sehingga para PSK bisa bekerja tanpa melalui mucikari. Pihak bank juga mendukung profesi mereka dengan memberikan kredit agar bisa tetap berjalan secara mandiri.

Program ‘Pelacur Mandiri’ yang Kontroversial

Para PSK dan pejabat kota Amsterdam yang mencetuskan program ‘Pelacur Mandiri’ ini. Pemerintah kota Amsterdam menyediakan sebuah rumah bordil bagi para PSK agar supaya mereka bisa bekerja secara mandiri sehingga bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar tanpa perlu lagi setor ke mucikari. Selain rumah bordil, pemerintah kota Amsterdam juga memberikan kemudahan bagi para PSK untuk mendapatkan akses kredit bank.

Bertujuan Memperbaiki Kondisi PSK

Proyek rumah bordil ini bertujuan untuk meringankan beban kerja para PSK karena bebas dari biaya setor kepada mucikari sehingga lambat laun diharapkan bisa memperbaiki kondisi ekonomi para PSK. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk menyingkirkan kejahatan terorganisir yang membayangi industri seks di Belanda.

<@ikl

Program Ini Membuat Mimpi PSK Menjadi Kenyataan

Program ini telah membuat mimpi para PSK di kota Amsterdam menjadi kenyataan di mana My Red Light merupakan satu – satunya bisnis seks di Red Light District Amsterdam yang dijalankan para PSK tanpa berada di bawah naungan para mucikari. Program ini juga memberikan kesempatan kepada para PSK untuk memperoleh panduan dalam mengelola bisnis untuk mendukung usahanya. Rabobank adalah sebuah bank di Belanda yang akan mendukung dan mengawal usaha para PSK tersebut.

Pemerintah Memberikan 4 Gedung Rumah  Bordil untuk Para PSK

Walikota Amsterdam, Eberhard van der Laan, turut berjasa dalam program ‘Pelacur Mandiri’ ini dengan menyediakan 4 gedung sebagai rumah bordil yang diisi oleh sekitar 40 orang PSK. Hal ini juga bisa dikatakan bahwa rumah bordil tersebut juga merupakan pelacuran kota. Pemerintah kota Amsterdam membelinya dari Charles Geerts yang dikenal sebagai Raja Tembok pada tahun 2007 silam. Bukan hanya itu saja, pemerintah kota Amsterdam juga menyewa interior kenamaan untuk menghias ruangan dalam rumah bordil tersebut sedemikian rupa dalam menciptakan suasana yang penuh keakraban. Selain itu, interior kenamaan tersebut juga mengatur kamar yang mewah ini sedemikian rupa sehingga para pelanggan difabel bisa mengakses dengan mudah.

Kegembiraan Para PSK Kota Amsterdam Menyambut Program

Salah satu anggota dewan pengawas My Red Light, Marieke de Ridder mengaku amat gembira dengan adanya program “Pelacur Mandiri’ ini walaupun masih dalam tahap percobaan. Sebab apabila percobaan ini berhasil, maka mungkin saja akan muncul model prostitusi baru. Beliau juga ingin melihat perkembangan program ini dalam waktu jangka panjang meskipun dalam kondisi masyarakat menolak maupun menerima program tersebut.

<@ikl

Program ‘Pelacur Mandiri’ ini telah menarik perhatian banyak pihak karena unik walaupun ada yang pro maupun kontra. Bagi yang pro, mereka menilai, dengan adanya program ini, pengawasan para PSK lebih optimal. Sedangkan bagi yang kontra, mereka menilai bahwa program ini akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here