Cara Bekerja Sebagai Software Engineering meski Tidak Memiliki Gelar IT

0
141
Cara Bekerja Sebagai Software Engineering meski Tidak Memiliki Gelar IT

Cara Bekerja Sebagai Software Engineering meski Tidak Memiliki Gelar IT – Mungkin ada beberapa orang tertarik dengan bidang software engineering meskipun tidak memiliki gelar IT ataupun jurusan lainnya yang berhubungan. Lapangan pekerjaan pada bidang Software engineering cukup banyak, hal ini memberikan kesempatan untuk anda yang mungkin tidak memiliki gelar di bidang software engineering.

Pekerja software engineering biasanya dituntut untuk memiliki kemampuan problem solving yang baik. Para pekerja juga bertugas untuk mengaplikasikan ilmu teknis kepada pembentukan perangkat lunak yang nantinya dapat membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Bila anda tertarik menjadi bagian dari software engineering pada sebuah organisasi/ perusahaan, berikut ini cara untuk dapat bekerja sebagai software engineering meski tidak memiliki gelar IT

Menentukan tujuan

Banyak perusahaan yang di bidang IT yang mengembangkan perangkat lunak membutuhkan pekerja yang full-time worker. Hal yang sulit Ketika meniti karir dalam bidang ini adalah menentukan tujuan akhir sejak awal. Tentukan apakah anda ingin bekerja sebagai software engineering di perusahaan pada bidang IT ataupun startup yang kamu sukai. Pastikan anda menentukan tujuanmu agar tahu tahapan apa saja yang dibutuhkan untuk mempelajari bidang software engineering.

Memilih Bahasa pemrograman

Sebagai seseorang yang bekerja pada bidang software engineering, anda harus menguasai Bahasa-bahasa pemrograman yang ada pada ilmu tersebut. Kini ada lebih dari 20 bahasa pemrograman yang patut dikuasai sebagai seorang software engineering seperti Java, Phyton, Ruby, PHP, HTML, Visual C++, dan masih banyak lagi.  Namun Ketika anda mendalami ilmu tersebut, pelajari dulu ilmu fundamental dan cara belajar yang dapat anda terapkan di Bahasa pemrograman tersebut.

Pelajari dan banyak Latihan

Carilah referensi software engineering yang banyak. Era digital ini anda sudah tidak perlu lagi duduk dalam kelas, kini sudah banyak layanan kursus online yang mudah di akses dan bahkan kadang ada yang gratis. Carilah kelas yang sesuai dengan anda.

Berkembang pada media yang tepat

Carilah sebuah media untuk anda berkembang. Bila anda menjalankan ilmu software engineering, maka anda perlu bertemu codeacademy yang menilai anda berdasarkan kode yang anda masukkan di website mereka. Tidak salahnya mencoba, karena memang akan lebih mudah untuk kamu yang baru pertama kali belajar. Setelah mengembangkan kemampuan sendiri, anda perlu factor eksternal untuk berkembang seperti mencari pengalaman, komunitas dan juga jaringan.

Jangan ragu memulai proyek

Selain berlatih dan praktik seluruh ilmu yang dipelajari, ada baiknya untuk memulai sebuah proyek. Anda bisa memulai proyek sederhana seperti membangun website dan blog. Lamarlah menjadi freelance di bidang software engineering yang dapat membantu anda untuk mengembankan kemampuan pada bidang tersebut. Bekerja sebagai software engineering membutuhkan kamu untuk memiliki kemampuan menganalisa masalah dan menjawab permasalahaan dengan baik.

Mungkin cara-cara tersebut akan memakan waktu, tapi apa yang didapatkan pada hal tersebut dapat memberikan hasil yang setimpal. Bila anda sudah siap, maka anda dapat memulai mencari pekerjaan software engineering di JovaDB.com! Cari lowongan kerja di medan bidang software engineering hanya di JovaDB! JovaDB siap membantu anda untuk mencari pekerjaan yang tepat pada bidang software engineering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here