Viral Foto Dettol Dengan Keterangan Dapat Membunuh Virus Corona, Begini Faktanya

0
227
Viral Foto Dettol Dengan Keterangan Dapat Membunuh Virus Corona, Begini Faktanya

Viral Foto Dettol Dengan Keterangan Dapat Membunuh Virus Corona, Begini Faktanya – Baru baru ini beredar unggahan sebuah foto produk antiseptik Dettol yang disebut dapat membunuh virus Corona. Unggahan tersebut dibagikan oleh akun twitter @ainaarezal.

Dalam unggahan tersebut terdapat sebuah foto Dettol Antiseptik dan tertuliskan dapat membunuh beberapa virus termasuk coronavirus. Jadi apakah betul Dettol tersebut dapat membunuh virus Corona?

Dilansir dari Kompas.com melalui laman resmi Dettol, dijelaskan bahwa novel coronavirus ini jenis baru dari coronavirus yang sebelumnya pernah terjadi pada manusia, sehingga belum ada pengujian terhadap produk Dettol.

Maka dari itu, produk tersebut tidak dapat dipastikan efektif atau tidak untuk membunuh virus corona atau Covid-19. Walau begitu, terdapat beberapa produk Dettol yang diklaim efektifitasnya terhadap jenis virus corona dari keluarga yang sama dengan Coronavirus 2019.

Produk tersebut antara lain semprot pembersih permukaan antibakteri, tisu pembersih antibakteri, semprotan disinfektan All in One dan cairan disinfektan. Dijelaskan lagi bahwa Novel Coronavirus (2019-nCov) masih berada dalam satu keluarga virus SARS dan MERS.

2019-nCov umumnya memiliki gejala seperti demam, batuk, kelelahan, sakit tenggorokan, sakit kepala, hemoptisis, dan diare. SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome Coronvairus) memiliki gejala seperti menggigil, demam, batuk kering, dan sakit pada bagian dada. MERS (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus) memiliki gejala gagal pernapasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here