4 Ilmuan Yang Menyesali Barang Penemuannya

    0
    194

    4 Ilmuan Yang Menyesali Barang Penemuannya – Ilmuan memiliki peran penting bagi hidup manusia, karena barang barang ciptaan ilmuan yang dapat mempermudah hidup manusia hingga saat ini, tetapi bagaimana jika ilmuan itu sendiri menyesali barang ciptaannya?. Mungkin cukup terdengar aneh dimana banyak orang menghargai ciptaan dari seorang ilmuan tetapi ilmuan yang menciptakannya malah menyesal. Cukup mencengangkan bukan?

    Berikut 4 ilmuan yang menyesali barang penemuannya : 

    1. Alfred Bernhard (Dinamit)

    Lahir pada 21 October 1833 di Stockholm, San Remo, Swedia. Seorang penemu yang bernama Alfred Bernhard Nobel yang terkenal dengan dinamit temuannya. Alfred menemukan dinamit tanpa sengaja saat ia melihat nitro gliserin cair menetes ke tanah yang berkapur, dan dengan itu lahirlah dimanit yang cukup aman. Kemudian Alfred memproduksi dinamit dan menjadi sangat kaya raya dan menamai temuannya sebagai Powdery Mixture Dynamite yang kemudian disusulnya pematenan penemuan pada 1867.

    Tidak cukup dengan itu, Nobel membangun banyak pabrik dinamit diberbagai tempat di dunia karena banyaknya permintaan pasar yang melakukan pesanan besar besaran kepadanya karena pada masa itu dinamit lebih aman dari pada jenis bahan peledak yang lain. Dan disisi lain militer juga menyukai dinamit karena sifat ledakannya yang dahsyat dan bisa di kontrol.

    Namun dinamit dipakai sebagai alat perang yang mengakibatkan jatuhnya banyak korban dan akhirnya Nobel menyesali penemuannya, untuk menebus rasa bersalah atas penemuan yang ia lakukan makan didalam surat wasiatnya menyebutkan agar sebagian hartanya disumbangkan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan perdamaian.

    2. James Prescott Joule (Hukum Kekekalan Energi)


    James Prescott Joule merupakan ilmuan yang namanya diabadikan menjadi satuan energi Joule. Joule lahir pada 24 desember 1818 dan merupakan anak seorang pengusaha bir yang sangat kaya, tetapi dia tidak pernah merasakan sekolah hingga dia berusia 17 tahun, karena dari kecil ia sakit-sakitan karena cedera pada tulang belakangnya. Setelah berusia 17 tahun barulah Jouse merasaknan sekolah dan masuk ke universitar Manchester dengan bimbingan John Dalton, Joule dikenal sebagai siswa yang rajin belajar berekperimen dan juga rajin menulis buku.

    Joule menemukan hukum kekekalan energi bersama dengan dengan dua orang ahli fisika dari Jerman, yakni Herman Von Helmholtz dan Julius Von Mayer. Hukum kekekalan energi yang mereka temukan menyatakan bahwa energi hanya dapat berubah menjadi energi listrik, mekanik, atau kalor, dan tidak bisa diciptakan atau dimusnahkan. Dengan penemuannya Joule menerima medali emas Copley, menjadi anggota ilmu pengetahuan inggris yang pernah di pimpin newton selama 25 tahun. Dan Jouse menjadi presiden asosiasi kemajuan ilmu pengetahua di inggris. Namun kehidupan Joule sangat sederhana, dan hidup miskin dan hidup dalam menyesali penemuannya karena penemuan ilmiahnya digunakan untuk berperang pada masa itu.

    <@ikl

    3. Mikhail Kalashnikov (AK-47)


    Siapa yang tidak mengenal Mikhail Kalashnikov, seorang penemu senjata mesin yang sangat terkenal di dunia yaitu AK-47, dan merupakan senjata paling banyak di incar pada perang dunia ke 2.

    Tetapi dibalik terkenalnya senjata ak-47 membuat Mikhael menyesal dan menulis surat pertanyaan ke para pemimpin Gereja Ortodoks Ruisa dan isinya adalah apakah dia bersalah atas sejumlah besar kematian yang disebabkan oleh senapan ciptaannya.

    Mikhael Kalashnikov kemudian meninggal dunia pada usia 94 tahun pada akhir Desember 2013 dan dimakamkan secara kenegaraan.

    4. David Nichols (LSD)


    David adalah seorang ahli kimia asal Amerika yang sudah mempelajari cara meracik bahan kimia selama 40 tahun sampai akhirnya iya menemukan racikan bahan kimia yang biasa menjelaskan bagaimana cara kerja otak. Racikan kimia yang dibuat David mirip ekstasi dan asam lisergat dietilamida (LSD). Dengan harapan agar temuannya dapat dimanfaatkan untuk mengobati depresi dan penyakit parkinson david bereksperimen. Namun bahan kimia racikannya dibajak dan digunakan sebagai obat obatan ilegal. Dan David mengaku menyesal melakukan penemuan itu karena obat yang dia buat disalah gunakan oleh orang hingga overdosis dan mengancam nyawa.

    <@ikl

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here