Kisah Misterius Tentara Terracotta, Penjaga Makam Sang Kaisar

0
607

Kisah Misterius Tentara Terracotta, Penjaga Makam Sang Kaisar

Pernah menonton film The Myth dari Jacky Chan?, Atau the mummy tomb of dragon emperor dari jet li?, ya.., film yang menceritakan tentang penemuan penemuan patung patung prajurit, film yang sudah cukup lama dan masih sering diputar distasiun film local, film film tersebut mungkin mengangkat dari kisah nyata penemuan patung patung prajurit terracotta, bagaimana kisahnya?, mari kita simak

Kisah ini berawal ketika Yang Peiyan dan beberapa petani yang sedang menggarap lahan. 
Ia menemukan sebuah dinding bata ketika ia menggali ruang bawah tanah untuk menyimpan sayuran. Kemudian dengan ragu ia membuat lubang di dinding, dan melalui lubang itu ia melihat, dan akhirnya terkejut setengah mati ketika melihat barisan megah patung prajurit yang berdiri di sana.

Patung-patung tentara tersebut seakan akan sangat hidup, masing masing menampilkan sinar mata yang garang, yang dipadukan dengan sinar matahari yang menyinari lubang yang menjadikan pemandangan itu begitu indah, tapi karena ketakutan, petani tersebut langsung cepat-cepat menutup kembali lubang tersebut dan melaporkannya ke departemen arkeologi setempat.

Mendengar laporannya, para arkeolog mengira bahwa petani itu pasti hanya kebetulan saja menemukan sebuah kuburan, dan berhalusinasi karena hipoksia (kondisi simtoma kekurangan oksigen pada jaringan tubuh yang terjadi akibat pengaruh perbedaan ketinggian) di bawah permukaan tanah. Kemudian seorang arkeolog dikirim ke sana untuk mencari tahu rincian. Ketika lubang di dinding dibuka lagi, barulah arkeolog benar-benar melihat bahwa apa yang dilaporkan petani tadi bukan bualan semata.

Pemandangan menakjubkan satu baris tentara yang lengkap! Saat melihatnya, seakan suara memekakkan telinga dari teriakan perang, dan pasir yang berputar kencang, seputar adegan perang zaman Dinasti Qin seolah terbayang jelas di depan matanya.

Makam sang kaisar memang begitu mempesona. Terdapat kurang lebih 8000 patung yang menggambarkan sosok para prajurit, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri, yang berdiri berjejer disepanjang makam, disusun dalam tiga lubang.. Yang lebih menarik lagi, semua patung-patung tersebut tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya baik itu bentuk pakaian, mimik wajah, model rambut, hingga persenjataan yang mereka bawa. Selain itu, mereka juga dibedakan oleh pangkat kemiliterannya seperti Jendral, perwira, hingga para prajurit biasa. Patung prajurit yang memiliki ukuran tubuh paling tinggi ialah yang berpangkat jendral.

Sejak ditemukan oleh beberapa petani lokal diwilayah Xi’an, Propinsi Shaanxi, China ditahun 1974 silam, hingga kini masih terus dilakukan penggalian di sana. Para Arkelog memperkirakan masih banyak patung dan artifak-artifak lainnya yang masih terpendam. Mereka juga belum dapat memastikan berapa jumlah angka-angka penemuan ini akan terus bertambah. Kalkulasi terbaru menyebutkan, terdapat lebih dari 8000 patung prajurit, 130 kereta perang beserta 520 kudanya, serta 150 pasukan berkuda yang terdapat di tiga terowongan utama makam. Sungguh merupakan pemandangan yang menakjubkan mengingat baru satu persen dari keseluruhan bagian makam yang telah digali!

Obsesi Aneh Kaisar Qin Shi Huang

Penemuan ribuan patung Terakota di Xi’an kemudian membuka pertanyaan besar, untuk tujuan apa patung-patung tersebut dibuat? Kemudian kisah di balik dinasti yang memerintahkan pembangunan luar biasa ini pun terbongkar. Sebuah kisah kelam dari Dinasti Qin.

Saat itu, Xi’an berada di bawah kekuasaan Kaisar Qin Shi Huang. Kaisar ini begitu termasyur. Bukan karena keberhasilannya membangun negeri, namun karena kekejamannya. Saat itu tahun 246 SM, Qin Shi Huang yang baru berusia 13 tahun telah menduduki singgasana kaisar. Kaisar Qin terkenal begitu takut akan kematian dan begitu terobsesi hidup awet muda. 

Oleh karena itu, ia mengutus ribuan orang untuk mencari obat-obatan herbal untuk memenuhi obsesi gilanya. Bahkan begitu takutnya akan kematian, ia yang saat itu masih berusia 13 tahun memerintahkan untuk membagun makam ukuran raksasa yang mampu menampung ribuan patung prajurit dengan jabatan mulai dari jendral besar hingga prajurit bawah lengkap dengan kuda-kuda. Ia percaya, patung-patung tersebut akan hidup dan menemaninya di kehidupan selanjutnya.

Berdasarkan dokumen dan keterangan dari Record of The Grand Historian yang dikemukakan oleh sejarawan China, Sima Qian, pembangunan patung terakota ini memakan waktu 36 tahun dengan melibatkan lebih dari 700.000 seniman. Proyek pembangunan patung Terakota ini disebut-sebut juga merupakan proyek terbesar kedua di China setelah Tembok Besar China (The Great Wall of China).

Kisah kelam dari pembangunan patung Terakota ini pun terkuak. Saat pembangunan akan usai, kaisar memerintahkan untuk menutup semua pintu keluar pemakaman tersebut. Hal mengerikannya adalah ribuan pekerja terkurung hidup-hidup di tempat tersebut. Konon hal ini dilakukan oleh sang Kisar agar lokasi makam tersebut tetap rahasia dan tak terbongkar. Untuk mengelabui orang-orang akan lokasi tersebut, maka dibuatlah gundukan tanah berumput di atasnya yang menyerupai bukit-bukit.

 <@ikl

Penggalian Pasukan Terakota dianggap sebagai penemuan terbesar abad ke-20. Situs ini telah terkubur selama lebih dari 2.000 tahun, sebelum kemudian seorang petani yang tengah melakukan penggalian sumur di tahun 1974 menemukan apa yang saat ini disebut sebagai salah satu situs arkeologi terbesar di dunia.

Bagian pertama dari pasukan terakota yang ditemukan dinamai dengan Pit 1. Pada tahun 1976, dua ruangan lagi telah ditemukan sekitar 20 meter dari ruang pertama, dan dinamai Pit 2 dan Pit 3.

Makam disana merupakan harta karun bagi warga Tiongkok dan masyarakat dunia. Pada bulan Desember 1987, UNESCO memilih Makam Kaisar Pertama (termasuk di dalamnya adalah pasukan terakota) sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.

  <@ikl

Mengapa Harus Dibangun? 

  • Sebagai ‘tentara di dunia akhirat’ nanti bagi Kaisar Pertama Qin: Tentara terakota dibentuk dengan maksud untuk menjaga dan melayani Kaisar Pertama Qin di akhirat. Sang Kaisar menginginkan kekuatan militer dan status kekaisarannya masih tetap terjaga sampai di alam keabadian, sama dengan yang pernah dinikmatinya semasa masih hidup di dunia.
  • Menunjukkan kejayaan Kaisar Pertama Qin : Dibuat dalam rangka untuk mengenang pasukan dibawah kepemimpinannya yang mencapai kemenangan dalam peperangan dalam mempersatukan seluruh wilayah Tiongkok.
  • Sebagai lambang pengorbanan manusia : Kaisar-Kaisar pada masa sebelum dinasti Qin; yakni Dinasti Shang dan Zhou memiliki pasukan, pejabat dan selir yang DIKUBUR HIDUP-HIDUP bersama dengan sang Kaisar, dengan maksud agar sang Kaisar tidak merasa kesepian/sendirian di alam sana.

Pasukan terakota dibuat untuk mewakili pengorbanan mereka (manusia) yang sebenarnya.

 <@ikl

Bagaimana Proses pembangunannya?

  • Pasukan terakota dibangun oleh tangan-tangan manusia, tanpa bantuan alat apapun.
  • Lebih dari 700.000 ahli pertukangan dan buruhmembangun kompleks Pemakaman dan Pasukan Terakota.
  • Bagian batang tubuh, kepala, lengan dan kaki awalnya dibuat secara terpisah, kemudian dirakit menjadi satu.
  • Pembuatan pasukan terakota memerlukan waktu 40 tahunhingga selesai.
  • Masing-masing patung pasukan memiliki stempel nama dari mandor yang mengepalai pembuatannya, dengan maksud untuk dapat melacak jika terdapat kesalahan.

  <@ikl

Sejarah Pasukan Terracotta :

» Tahun 246 SM : Konstruksi Pembangunan Dimulai. Konstruksi pasukan terakota dimulai sebagai perlindungan bagi makam Kaisar Pertama Tiongkok, Qin Shi Huang.
» Tahun 210 SM : Kaisar Qin Shi Huang wafat.
» Tahun 206 SM : Konstruksi Telah Diselesaikan. Lebih dari 720.000 pekerja mengerjakan proyek yang memerlukan waktu 40 tahun pengerjaan hingga selesai.
» Tahun 1974 : Pasukan Terakota Ditemukan. Situs ini ditemukan di tahun 1974 di sebelah timur Xi’an oleh seorang petani yang tengah menggali sumur. Situs pertama ini diberi nama Pit 1.
» Tahun 1976 : Ruangan Lain dalam kompleks Ditemukan. Penggalian menghasilkan penemuan dua ruangan berikutnya. Keduanya dinamai Pit 2 dan Pit 3.
»Tahun 1979 : Dibuka Untuk Umum. Sebuah museum dibangun diatas lokasi penggalian, dan Pasukan Terakota dinyatakan dibuka untuk umum.
» Tahun 1987 : Terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO. UNESCO memilih Makam Kaisar Pertama (termasuk di dalamnya pasukan terakota sebagai Situs Warisan Budaya Dunia.
» Tahun 2011 : 3 museum tambahan dibuka di tempat yang sama.

Konon katanya, para petani yang menemukan penemuan bersejarah itu tertimpa kesialan, mereka diusir dari tempat tinggal mereka karena pemerintah ingin menggali lebih dalam tentang penemuan bersejarah itu